Stir Mobil, Fungsi, Mekanisme Kerja dan Tips untuk Memperolehnya

Stir atau yang juga dikenal dengan istilah kemudi, merupakan bagian terpenting yang harus ada dalam sebuah mobil. Bagian inilah yang menentukan arah berjalannya mobil yang di kemudikan oleh seseorang, dimana bagian stir ini akan dihubungkan oleh sebuah perangkat mekanis untuk menggerakkan arah roda pada mobil, sehingga dapat melaju sesuai dengan keinginan para pengemudinya. Pada umumnya stir mobil dilengkapi dengan sebuah perangkat khusus yang biasa disebut dengan power steering, dimana perangkat ini memiliki fungsi untuk memperingan beban stir yang harus ditanggung para pengemudi pada saat memegang kemudi dari mobil. Power steering yang terpasang dengan sebuah stir akan berfungsi sebagai perangkat elektronik sekaligus hydraulic pada kemudi mobil, sehingga mampu mengambil beban berat dari kemudi ketika digunakan.

Sistem dan mekanisme kerja stir pada mobil sendiri, terbagi atas 2 sistem kerja, dimana satu sistem dengan sistem lain akan saling berhubungan sehingga terbentuklah arah kemudi yang diinginkan oleh para pengemudi mobil tersebut. Pemahaman mengenai sistem dan mekanisme kerja dari stir memang perlu diketahui oleh para pengemudi, agar nantinya mereka dapat mengendalikan laju mobil sesuai dengan mekanisme kerja stir itu sendiri. Adapun mekanisme dan sistem kerja pada stir tersebut, terbagi atas:

- Sistem kerja mekanis, dimana roda stir akan dihubungkan oleh beberapa perangkat kopel yang antara lain adalah rack dan pinion, ke dalam lengan stir, dimana lengan stir ini nantinya akan menggeser kingpin, yang akan mengarahkan gerakan roda sesuai dengan arah putaran stir atau kemudi mobil.
- Sistem kerja elektronik, dimana sistem ini dilakukan dengan memasang sensor pada roda stir, dimana sensor akan digunakan untuk memantau perputaran roda stir. Sensor yang diterima kemudian akan diteruskan oleh prosesor untuk kemudian digunakan rack dan pinion seperti sistem kerja mekanis.

Dari sistem dan mekanisme kerja stir mobil diatas, dapat kita pahami bahwa stir merupakan komponen utama yang dapat menentukan tingkat kenyamanan dalam penggunaan mobil yang akan kita naiki. Oleh karenanya pemilihan dan pembelian stir, haruslah kita sesuaikan dengan jenis mobil serta tingkat kenyamanan yang ditawarkan dalam penggunaan stir tersebut. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, ketika hendak memilih dan membeli stir untuk mobil kesayangan Anda, yang antara lain adalah:

- Pilihlah stir dengan ukuran yang sesuai dengan badan dan ukuran tangan Anda, karena hal ini nantinya akan berpengaruh kuat pada kenyamanan Anda dalam memegang stir itu sendiri.
- Pilihlah stir dengan bahan baku pembuatan yang bagus, agar nantinya dapat tahan lama dan nyaman ketika di kemudikan.
- Perhatikan detail design yang ada pada stir, pada umumnya sebuah stir akan memiliki tiga garis yang berhubungan, dimana garis ini memiliki fungsi tersendiri, oleh karenanya pemilihan stir dengan bentuk garis yang sepadan akan lebih dianjurkan.
- Perhatikan posisi klakson pada stir, pastikan bahwa klakson berada tepat di tengah-tengah stir agar nantinya mudah untuk Anda gunakan.

Jika Anda membutuhkan cover stir mobil dengan kualitas terbaik, namun tidak memiliki waktu untuk mencari dan berburu secara langsung. Melakukan pembelian secara online melalui situs jual beli online terpercaya, mungkin dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda. Situs jual beli online yang memiliki tingkat kredibilitas tinggi, pada umumnya akan memberikan barang dengan kualitas terbaik, serta memiliki sistem pembayaran yang aman, serta dapat di refund, jika memang barang yang Anda pesan tidak sesuai dengan pilihan. Memilih stir terbaik merupakan kunci kualitas mengemudi bagi Anda.

Disqus Comments
© Copyright 2017 Kuntet.com - Cara Efektif dan Tips - All Rights Reserved - Theme By BLAGIOKE