Tips Merawat Kain Batik Agar Motif Tetap Awet

Siapa yang tidak suka dengan kain batik. Kain ini adalah salah satu kain yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Tidak heran jika batik dijual dengan harga yang lebih mahal apabila kain tersebut adalah mempunyai motif batik tulis yang sangat bagus dan mempunyai nilai seni yang sangat tinggi. Maka dari itu bagi Anda yang mempunyai kain jenis ini maka tentu saja Anda harus merawatnya dengan baik karena apabila tidak maka batik ini akan menjadi lebih cepat rusak. pada saat ini memang banyak orang yang telah memakai batik menjadi pakaian sehari-hari. Karena hal ini akan dapat melestarikan budaya Indonesia. Sehingga tidak jarang jika batik pada saat ini dijadikan sebagai seragam oleh beberapa institusi. Banyak orang yang bangga akan memakai batik ini, namun sedikit sekali orang yang mengerti akan cara merawat batik ini dengan benar. Sehingga tidak jarang jika motif dari batik tersebut akan cepat rusak karena salah dalam melakukan perawatan untuk kain jenis batik tersebut.

Memang karena kain ini mempunyai motif yang dibuat dengan cara yang lebih rinci maka hal ini akan membuat cara merawat dari kain ini akan lebih berbeda. Cara merawat ini adalah tentang cara mencuci dari kain ini, cara menjemur sampai cara menyimpan kain ini. untuk yang pertama Anda harus tahu bagaimana cara mencuci dari kain ini. cara mencuci yang benar adalah sebagai berikut:

1. Tidak mencuci menggunakan mesin cuci.
2. Tidak mengucek kain.

Pada saat Anda mencuci kain ini maka Anda tidak harus mengucek kain ini. karena apabila Anda mengucek kain ini maka motif pada kain ini akan lebih mudah rusak. sehingga dengan ini Anda hanya harus mencelup saja kain ini pada saat mencucinya. Serta jangan pula Anda mencuci kain ini dengan menggunakan mesin cuci karena ini juga akan merusak kain jenis batik Anda.

Akan lebih baik jika Anda mencuci kain batik ini dengan menggunakan tangan Anda sendiri. sebab dengan ini hasilnya akan lebih bagus untuk Anda. setelah itu Anda juga harus tahu bagaimana cara menjemur kain jenis batik ini. Menjemur kain ini adalah dengan cara:

1. Menjemur dengan cara di gantung di jemuran.
2. Menjemur tidak di bawah cahaya matahari secara langsung.

Anda dapat menjemur kain jenis batik ini dengan cara menggantungnya pada jemuran sehingga semua sisi dari kain jenis batik ini akan terpapar oleh udara luar. Sehingga akan membuat kain ini dapat kering secara bersamaan. Dan Anda sebaiknya yang menjemur kain jenis batik ini di bawah cahaya matahari secara langsung karena ini akan merusak kain ini.

Anda dapat menjemur kain jenis batik ini di bawah lindungan bangunan yang penting tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Dan cara terakhir yang Anda harus tahu dalam cara merawat kain ini adalah cara menyimpan kain ini. cara untuk menyimpan kain jenis batik ini yang benar adalah sebagai berikut:

1. Menyimpan dengan cara dilipat.
2. Tidak pakai di setrika.

Pada saat Anda menyimpan kain jenis batik ini maka Anda lebih baik jika Anda menyimpan kain ini dengan cara dilipat. Sehingga dengan ini maka kain Anda akan menjadi lebih halus dan tertata. Apabila Anda menyimpan kain batik ini dengan cara dilipat maka tentu saja Anda tidak harus menyetrika kain ini karena apabila batik tulis ini Anda setrika maka akan merusak dari desainnya.

Inilah Keuntungan Membeli Tiket Kereta Api Jauh-jauh Hari.

Disqus Comments
© Copyright 2017 Kuntet.com - Cara Efektif dan Tips - All Rights Reserved - Theme By BLAGIOKE