Ini Dia Artikel Komputer Seputar Tips Perawatan Paling Mudah

Sudah banyak sekali artikel komputer yang menyarankan ini itu, agar komputer Anda yang milik tetap awet dan sehat untuk digunakan. Namun tak semuanya itu benar. Ada beberapa point yang dirasa cukup berlebihan dan ada beberapa point yang dirasa tak perlu dikerjakan. Untuk itu disini ada cara untuk membuat komputer menjadi sehat dan awet dengan cara yang tepat dan simpel!

1. Operasikan komputer dengan tepat

Hampir seluruh umat manusia di dunia selain balita dan bayi, hampir sudah paham akan prosedur operasi komputer. Bagaimana menghidupkan, bagaimana untuk mencari informasi, bagaimana untuk mengetik, dan lain sebagainya. Ini beralasan karena segala hal yang ada di dunia, dari kegiatan bekerja, kegiatan belajar mengajar, kegiatan mengerjakan tugas, semuanya menggunakan komputer. Akan tetapi masih juga orang yang mengoperasikan komputer dengan cara tak benar. Cara pengoperasian yang salah, akan membuat dampak buruk bagi komputer. Jadi, usahakan untuk menggunakan komputer sesuai standar yang tepat dan benar.

2. Backup komputer secara rutin

Hati-hati terhadap virus ataupun kesalahan yang kita sengaja ataupun tak disengaja. Jika Anda memiliki file-file penting, sebaiknya jangan hanya simpan file di dalam komputer. Simpan file secara online dan gunakan backup lainnya. Virus atau kemacetan yang terjadi, biasanya disebabkan karena terlalu banyaknya file yang menumpuk. Untuk itu lakukanlah backup secara rutin agar komputer tetap sehat.

3. Segera matikan komputer jika tak digunakan dalam waktu cukup lama

Banyak orang yang merasa kurang peduli dengan hal ini. Mereka berdalihkan bahwa mereka akan menggunakan komputer, setelah melakukan kegiatan selingan. Jika selingan hanya memakan waktu yang cukup singkat sebenarnya tidak masalah. Namun yang menjadi masalah adalah ketika komputer dibiarkan hidup dalam waktu yang berjam-jam. Ini membuat mesin terus bekerja, dan juga mengkonsumsi tenaga listrik terlalu banyak. Hal ini tidak baik untuk kondisi komputer, sebab bisa membuat sistem dan mesin menjadi letih dan overload. Hal ini juga dikatakan oleh artikel komputer pada beberapa website ternama.

4. Hapus beberapa program yang tidak penting

Program yang terlalu banyak yang ada di komputer, membuat mesin dan sistem bekerja lebih kencang jika dibandingkan dengan komputer yang memiliki sedikit program. Hal ini disebabkan karena resource telah terisi penuh dan tidak bisa memaksimalkan kerja komputer. Terlebih lagi jika komputer yang digunakan memiliki fitur dan spesifikasi yang standard. Sudah dapat dipastikan komputer akan menjadi cepat panas dan agak lambat.

5. Pastikan suhu udara untuk komputer selalu normal

Komputer yang memiliki suhu tinggi atau terlalu rendah. Akan membuat kinerja komputer menjadi menurun atau tidak bisa digunakan. Pasalnya panas yang dihasilkan oleh internal komputer, ditambah dengan suhu ruangan yang juga mendukung. Akan membuat komputer tidak bisa bernafas dan menjadi macet. Inipun juga berlaku untuk suhu yang dingin. Karena ada beberapa komponen yang kurang licin dan tak bisa bekerja dengan suhu yang tidak normal. Sehingga segera matikan komputer jika sudah panas, gunakan kipas komputer, dan taruh komputer pada lingkungan yang berangin cukup.

6. Bersihkan perangkat komputer dengan rutin

Mungkin sudah banyak yang tahu, bahwa kotoran yang menumpuk pada perangkat dan mesin komputer. Akan membuat performa komputer menjadi menurun. Bahkan tidak menurun lagi, ada beberapa kasus yang mengatakan bahwa komputer bisa menjadi mati dan tidak bisa dinyalakan untuk selamanya. Kecuali dilakukan perombakan dan pergantian beberapa komponen. Hal ini pernah diliput oleh artikel komputer di beberapa media.

Disqus Comments
© Copyright 2017 Kuntet.com - Cara Efektif dan Tips - All Rights Reserved - Theme By BLAGIOKE