Tips-tips Membuka Usaha Jual Komputer Online

Era serba digital dan praktis dapat menjadi ladang kreasi, inovasi, penghasilan dan informasi yang tak terbatas yang bisa didapatkan di mana saja dan kapan saja. Bagaimana tidak, dengan internet kita bisa mengakses informasi-informasi pendidikan yang kita butuhkan baik pagi, siang maupun malam hari. Dengan internet kita dapat membeli barang-barang favorit tanpa perlu melangkahkan kaki dari rumah. Dengan internet juga kita dapat menjual berbagai barang tanpa perlu memiliki toko dengan customer yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan dunia. Dapat dikatakan komputer dan internet adalah dua hal penting dalam kehidupan di era ini. Oleh karena itu jual komputer online adalah bisnis yang memiliki peluang besar karena menggabungkan dua hal penting tersebut.

Untuk memulai sebuah usaha penjualan komputer secara online, tidak banyak yang kita butuhkan. Cukup jaringan internet, komputer, dan pengetahuan kita akan komputer dan jual-beli. Justru pengetahuan inilah yang menjadi bekal utama dalam berdagang komputer. Sebagai penjual kita harus paham mengenai spesifikasi hardware-hardware sehingga bisa dirakit dan dijual kembali dengan harga yang bervariasi sesuai tingkat spesifikasinya. Pengetahuan akan hardware komputer juga akan diperlukan bila calon konsumen ingin mencari suatu komputer berdasarkan jumlah dana yang dia miliki. Kita sebagai penjual dituntun untuk bisa memberikan komputer dengan hardware berspesifikasi tertentu sehingga sesuai dengan harga yang diminta.

Untuk software, sebagai penjual komputer sedikit banyak kita juga perlu mempelajarinya. Terutama dalam memformat komputer baru atau re-format komputer yang sudah pernah dipakai. Karena terkadang para customer menginginkan komputer yang langsung bisa dipakai setibanya di rumah. Hal ini akan menguntungkan apabila kita juga berjualan software original atau asli dari beberapa macam sistem operasi maupun software aplikasi olah gambar, dokumen, architecture dan lainnya.

Setelah menambah pengetahuan kita mengenai hardware maupun software, saatnya kita membuka usaha jual komputer online . Berikut ini beberapa tips dalam memulai usaha ini:

1. Survey jaringan penjual komputer yang berkualitas namun dengan harga miring sehingga kita bisa menjualnya kembali. Tawarkan kerja sama sehingga kita boleh mengambil gambar dari komputer-komputer yang mereka jual sehingga dapat kita upload di toko online kita.

2. Survey juga penjual hardware-hardware komputer, baik ketersediaan dan harganya. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada customer yang meminta spesifikasi komputer yang berbeda dari komputer yang sudah jadi.

3. Dari dua data diatas, kita bisa menyusun produk yang akan kita tawarkan di toko. Selain komputer yang sudah dirakit, kita juga bisa menjual spesifikasi komputer dan hardware komputer secara terpisah.

4. Jangan lupa untuk menjual alat-alat kelengkapan komputer seperti mouse, keyboard, mouse pad, speaker dll sehingga customer akan lebih berhemat dengan ongkos kirim yang nantinya dikeluarkan.

5. Bandingkan biaya pengiriman beberapa ekspedisi. Jika perlu berikan opsi agar customer bisa memilih ekspedisi yang mereka inginkan.

Dalam bisnis jual komputer online pengetahuan akan komputer terutama hardware sangatlah penting. Terlebih lagi jika kita bisa merakit komputer yang kita jual sendiri. Jadi kita hanya perlu membeli hardware-hardware yang dibutuhkan dan merakitnya bila ada permintaan dari customer. Dengan ini kita bahkan bisa mendapat keuntungan yang lebih banyak dari menjualkan produk rakitan orang lain. Selain itu jika produk yang kita jual adalah produk baru, maka kita wajib memberikan garansi. Garansi ini bisa diambil dari garansi hardware yang kita beli. Jadi pastikan juga kita membeli hardware baru bergaransi sehingga bila ada komplain kita tidak kesulitan menanganinya.

Disqus Comments
© Copyright 2017 Kuntet.com - Cara Efektif dan Tips - All Rights Reserved - Theme By BLAGIOKE