Aneka Minuman Tradisional Berkhasiat

Banyaknya keragaman kuliner nusantara dipengaruhi perbedaan suku dan budaya di Indonesia. Setiap daerah memiliki makanan dan minuman khasnya masing-masing yang berbeda. Pertumbuhan rempah-rempah dengan berbagai macam varian di negara kaya ini menjadi salah satu komposisi dalam meramu berbagai makanan dan minuman lezat. Aneka minuman tradisional berkhasiat pun tercipta sejak jaman nenek moyang dulu.

Bila tubuh terasa lelah dan pegal, beberapa orang tidak akan ragu untuk langsung meminum obat pereda pegal. Namun tunggu dulu, mulai saat ini ubahlah kebiasaan itu dengan membuat racikan minuman tradisional dari bahan rempah-rempah alami yang kaya manfaat. Berikut ini beberapa jenis minuman khas Indonesia yang dengan khasiat untuk menghangatkan dan menyegarkan tubuh.

1. STMJ
STMJ adalah singkatan dari susu telur madu jahe. Sesuai namanya, minuman ini dibuat dengan bahan susu kental manis putih, telur ayam kampung, madu dan jahe. Pertama Anda perlu menggeprek jahe, namun jangan terlalu halus, kemudian rebus jahe dengan air secukupnya. Setelah mendidih, tambahkan madu agar rasa minuman menjadi manis. Angkat dan tuang dalam gelas, lalu tambahkan susu secukupnya sesuai selera, dan jangan lupa tambahkan telur mentah satu butir. STMJ siap dinikmati. Namun untuk Anda yang tidak suka dengan telur mentah, campuran jahe, madu dan susu saja sudah cukup nikmat diminum.

2. Bir pletok
Satu-satunya bir yang tidak memabukkan adalah bir yang satu ini, bir pletok. Bir pletok merupakan minuman khas dari daerah Betawi. Bahan-bahannya pun bebas dari alkohol, karena 100% menggunakan rempah alami Indonesia. Membuatnya cukup mudah, yakni dengan merebus jahe yang telah dimemarkan, cengkih, sere, kapulaga dan pala secukupnya. Rebus hingga warna menjadi kemerahan kurang lebih 5 menit dengan api besar. Tuang dalam gelas dan tambahkan gula sesuai selera Anda. Bir pletok tak memabukkan siap Anda nikmati. Aneka minuman rempah ini akan lebih nikmat diminum selagi hangat.

3. Bandrek
Salah satu minuman khas dari Jawa Barat yang sangat terkenal adalah bandrek. Seperti minuman sebelumnya, bandrek juga menggunakan jahe sebagai bahan utama. Bahan lainnya yaitu kayu manis, cengkeh, daun pandan dan gula aren, serta sedikit garam untuk menyeimbangkan rasa. Untuk membuatnya adalah dengan merebus seluruh bahan menjadi satu dan tunggu sampai mendidih kurang lebih 10 menit. Tuang dalam gelas dan bandrek siap menemani malam dingin Anda.

4. Bajigur
Selanjutnya adalah wedang bajigur. Wedang bajigur sedikit berbeda dari minuman khas sebelumnya karena tidak memakai jahe dalam pembuatannya. Bahan yang diperlukan untuk membuat wedang bajigur yaitu santan kelapa, gula jawa, gula aren, sedikit garam dan daun pandan. Namun ada satu bahan lagi yang spesial dalam wedang bajigur, yaitu menggunakan kopi. Membuatnya pun tidak rumit karena Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan tersebut dan rebus hingga mendidih. Tuang ke dalam gelas dan wedang bajigur panas siap dihidangkan.

Itulah beberapa minuman tradisional yang akan menghangatkan badan Anda di malam yang dingin atau musim hujan. Sebagian besar aneka minuman khas Indonesia memakai bahan utama jahe karena memiliki khasiat menghangatkan tubuh dan menyegarkan kembali tubuh yang lelah. Minuman tersebut akan lebih nikmat jika ditemani dengan pisang goreng ataupun ubi bakar sesuai selera Anda. Cobalah racik sendiri minuman tersebut dan minum bersama keluarga di malam yang dingin. Selain menghangatkan tubuh, tentunya akan menghangatkan suasana malam bersama keluarga.

Disqus Comments
© Copyright 2017 Kuntet.com - Cara Efektif dan Tips - All Rights Reserved - Theme By BLAGIOKE