Tips Singkat dan Mudah Agar Tepat Memilih Buku Cerita Anak

Dengan bertambahnya usia, saat ini pasti buah hati Anda sudah memiliki berbagai macam kemampuan. Harus Anda tahu bila sebetulnya perkembangan anak ini sangat pesat dan cepat. Hal ini pasti akan membuat kita sebagai orang tua begitu senang dan bangga, apalagi ketika anak berusia 5 tahun, ia akan tertarik dengan jejeran huruf yang berada di buku. Apabila buah hati Anda telah mulai tertarik dengan buku dan telah mempunyai rasa keingintahuan, Anda dapat mulai mengajarinya membaca dan juga mengeja, cara mengenalkan huruf ini dapat dengan membelikannya buku anak. lantas, bagaimana agar kita dapat memilihkan buku cerita anak yang paling tepat?

Pada usia 5 tahun, memang anak mulai tahu menarik atau tidaknya sebuah cerita. Bahkan anak juga cenderung menyukai berbagai macam kisah yang mempunyai sebuah alur yang lebih runtut, klimaks yang jelas. Bahkan, mungkin saat membacakan cerita, anak Anda akan mulai bertanya berbagai macam hal yang tidak ia ketahui. Biasanya, pada buku anak di dalamnya terdapat gambar-gambar yang menarik. Gambar ini tetap saja diperlukan oleh anak yang berusia 5 tahun, gambar-gambar ini nantinya dapat memperkuat imajinasi yang ia miliki. Cerita-cerita di dalam buku akan bisa membantu anak untuk merangsang imajinasi dan juga membantu intelektual sehingga dapat mengatasi kecemasannya.

Nantinya, buah hati Anda akan begitu kritis setelah ia selesai mendengarkan cerita dari Anda. Jadi, tidak mengherankan bila nantinya ia akan menyukai berbagai macam cerita yang memiliki sentuhan langsung dengan kejadian sesungguhnya. Ketika ia mendapati kejadian tersebut terjadi pada dirinya, ia akan langsung bertanya pada Anda dan menanyakan apa yang terjadi.

Baca juga: Pecinta Buku Novel Genre Romance, Wajib Koleksi Karya 5 Penulis Ini


Pada waktu yang sama, anak memang lebih sering menggemari buku cerita anak dengan tema dongeng atau tema legenda. Cerita seperti legenda memang akan membuat buah hati kita menjadi mudah membawanya ke dunia fantasi. Mengapa dengan tema demikian? Saat Anda menceritakan dongeng, anak Anda akan membayangkan kejadian yang sesuai dengan dongeng yang sudah Anda ceritakan.

Apabila Anda ingin memberikan cerita seperti dongeng, sebetulnya tidak masalah, namun orang tua modern seperti sekarang ini cenderung menghindari cerita dongeng, dikarenakan dongeng tidak relevan dan sudah kuno. Padahal di dalam dongeng ini terdapat berbagai pesan moral yang dapat di kutip dan Anda tanamkan pada buah hati Anda. bahkan. Dongeng ini bisa memberi sebuah kontribusi yang begitu positif pada perkembangan buah hati Anda terlebih saat ia memiliki sebuah masalah dan mencoba mengatasinya.

Berikut berbagai macam tips sederhana untuk memilih buku cerita anak, antara lain:

- Pilih dongeng bacaan yang baik. Dongeng bacaan memang bisa merangsang rasa seperti rasa keingintahuan yang ia miliki, bahkan cara demikian bisa lebih mudah membangkitkan minat yang ia punyai,

- Sesuaikan buku dengan usia sang buah hati. Walaupun buku cerita untuk anak ini hampir sama umurnya, namun akan lebih baik jika Anda menyesuaikannya dengan umur yang ia miliki agar lebih memudahkan ia untuk mencerna,

- Beli buku yang berkualitas. Agar lebih mudah proses belajar Anda, pilih buku-buku yang mempunyai kualitas,

- Hindari memilih buku yang mempunyai kalimat yang begitu panjang. Buku yang mempunyai kalimat begitu panjang akan membuat ia bingung, oleh karena itu pilih buku yang memiliki struktur kalimat yang pendek agar ia juga lebih mudah mengingat-ingat isi yang berada di dalam buku.

Disqus Comments
© Copyright 2017 Kuntet.com - Cara Efektif dan Tips - All Rights Reserved - Theme By BLAGIOKE