Tips Memasak Menggunakan Bumbu Rendang Instan

Rendang adalah salah satu kuliner nusantara yang sangat terkenal. Bahkan rendang sudah pernah dinobatkan sebagai salah satu kuliner lezat yang ada di dunia. Kuliner yang berasal dari Padang ini dibuat dari daging sapi yang dibumbui beragam rempah-rempah nusantara. Untuk membuat bumbu rendang memang cukup rumit. Karena apabila takarannya tidak sesuai akan menciptakan cita rasa yang berbeda. Saat ini telah banyak muncul bumbu-bumbu instan yang bisa digunakan untuk memasak rendang. Misalnya Indofood Rendang, Sajiku Rendang dan masih banyak lagi. Namun sudah tahukah anda bagaimana cara memasak rendang dengan bumbu instan agar lebih lezat? Jika belum mengetahui ada baiknya memperhatikan tips berikut:

- Takaran
Sebelum memasak sebaiknya perhatikan terlebih dahulu cara penyajian yang ada di balik kemasan. Sesuaikan takaran daging sapi yang akan dimasak dengan cara penyajian. Pastikan daging yang dimasak tidak terlalu banyak maupun terlalu sedikit. Jadi misalkan satu kilogram daging membutuhkan satu bungkus bumbu instan, maka jangan menambahkan ukuran daging yang lebih dari itu. Ukuran daging yang pas akan menciptakan cita rasa yang sesuai dengan bumbu aslinya. Bukan hanya takaran daging saja yang perlu diperhatikan. Takaran dan kekentalan santan juga harus diperhatikan. Hal ini karena santan turut mempengaruhi cita rasa dari masakan rendang ini.

- Gunakan santan alami
Meskipun menggunakan bumbu rendang alami, sebaiknya tetap menggunakan santan alami. Santan segar yang berasal dari kelapa asli akan lebih maksimal untuk memberikan rasa gurih pada rendang. Menggunakan santan alami juga memudahkan anda dalam menentukan kadar kekentalan santan. Berbeda dengan santan instan yang sedikit susah untuk menentukan kekentalannya. Selain itu santan instan juga kurang mantap dalam memberikan rasa gurih pada rendang. Dari segi ekonomis, santan instan juga dibilang lebih mahal.

- Menambahkan bumbu
Biasanya bumbu instan rendang memiliki rasa yang kurang gurih meskipun sudah ditambahkan dengan santan. Untuk mensiasati hal ini anda bisa menambahkan bumbu-bumbu khusus lainnya. Misalnya menambahkan beberapa siung bawang merah dan bawang putih. Bila masih terasa kurang gurih, tambahkan sedikit garam. Sedangkan untuk memunculkan aroma rendang yang lebih mantap, masukkan beberapa rempah-rempah seperti daun salam ke dalam masakan rendang.

Itulah beberapa cara memasak menggunakan bumbu rendang instan agar tercipta rasa yang lebih lezat. Bila menginginkan cita rasanya semakin khas, simpan rendang yang sudah matang ke dalam kulkas saat sudah dingin. Menyimpannya ke dalam kulkas akan membuat bumbunya lebih meresap bahkan hingga sampai ke lapisan daging yang paling dalam. Hangatkan rendang kembali sebelum menyajikannya agar lebih terasa lezat. Tak perlu khawatir jika rendang cepat basi karena rendang bisa awet hingga beberapa hari bila disimpan dengan benar.

Disqus Comments
© Copyright 2017 Kuntet.com - Cara Efektif dan Tips - All Rights Reserved - Theme By BLAGIOKE