Listrik atau Gas? Cari Tahu Mesin Cuci yang Pas!

Mesin cuci bukan lagi menjadi kebutuhan rumah tangga semata. Kini banyak usaha yang membutuhkan mesin cuci sebagai salah satu barang utama yang dibutuhkan. Karena melihat mesin cuci dibutuhkan oleh berbagai aspek yang berbeda beda, maka para pakar teknologi selalu memperbarui desain hingga spesifikasi mesin cuci agar dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Mungkin pada awalnya, kita hanya tahu bahwa mesin cuci hanya untuk mencuci. Lama kelamaan berkembang mesin cuci juga bisa sekaligus mengeringkan pakaian. Hingga berkembang lagi dengan tabung yang lebih besar sehingga dapat menghemat air dan listrik karena dapat mencuci dengan kuantitas yang lebih banyak. Dan sekarang mencuci dan mengeringkan dapat dilakukan dengan satu tabung dan pengguna hanya perlu menekan program yang cocok dan mesin cuci dapat menyelesaikan hingga tahap terakhir.

Sebenarnya, ada dua jenis mesin cuci yang beredar dipasaran yakni mesin cuci dengan tenaga listrik dan mesin cuci dengan tenaga gas. Apa perbedaannya?

1. Mesin Cuci Tenaga Listrik

Jenis mesin cuci ini yang paling umum dan terkenal di kalangan masyarakat. Layaknya barang elektronik yang lain, mesin cuci ini menggunakan tenaga listrik untuk dapat bekerja. Mesin cuci dengan tenaga listrik lebih banyak beredar di pasaran dan desain nya juga lebih sering diperbarui. Bahkan untuk mesin cuci dengan program otomatis atau semi otomatis pun, kebanyakan kini sudah dilengkapi dengan sistem ecowash.

Daya dari setiap mesin cuci pun berbeda beda. Umumnya daya total mesin cuci berkisar antara 200-350 watt yang lebih banyak dihabiskan saat mencuci dibandingkan mengeringkan pakaian. Jika menggunakan tabung mesin cuci yang lebih besar, secara tidak langsung akan mengurangi kuantitas kita untuk mencuci karena satu kali menggunakan mesin cuci bisa mencuci dengan kuantitas yang banyak.

2. Mesin Cuci Tenaga Gas

Yang kedua ini adalah mesin cuci dengan tenaga gas atau bisa menggunakan tabung gas. Kebanyakan mesin cuci dengan tenaga gas dipakai dalam skala besar seperti untuk usaha laundry. Mengapa? Penggunaan tabung gas sebagai tenaga mesin cuci lebih irit dibandingkan menggunakan tenaga listrik. Terlebih lagi tarif dasar listrik yang setiap tahun semakin naik, menjadikan alasan bahwa mesin cuci tenaga listrik sedikit tidak berpihak pada pelaku bisnis.

Tabung gas yang digunakan pun kebanyakan menggunakan tabung gas 3kg. Selain untuk mesin cuci, biasanya tenaga gas digunakan untuk setrika uap yang dipakai di beberapa laundry. Memang, menggunakan tenaga gas elpiji sangat menurunkan biaya produksi. Namun tentu akan sedikit merepotkan karena mau tidak mau kita harus rajin mengecek ketersediaan isi tabung gas dan rajin menggantinya sehingga tidak habis di tengah jalan.

Disqus Comments
© Copyright 2017 Kuntet.com - Cara Efektif dan Tips - All Rights Reserved - Theme By BLAGIOKE